Friday, May 3, 2013

PERTEMUAN III



PERTEMUAN III


Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa dapat menjelaskan peranan koloid dalam bidang makanan.
2.      Siswa dapat menjelaskan peranan koloid dalam bidang industri.
3.      Siswa dapat menjelaskan peranan koloid dalam bidang farmasi

Peranan koloid dalam kehidupan sehari – hari
Sistem koloid banyak digunakan pada kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan sifat karakteristik koloid yang penting, yaitu dapat digunakan untuk mencampur zat-zat yang tidak dapat saling melarutkan secara homogen dan bersifat stabil untuk produksi dalam skala besar.
Tabel 3. Aplikasi koloid
Jenis Industri
Contoh  Aplikasi
Industri Makanan
Keju,mentega,susu,saus salad
Industri kosmetika dan perawatan tubuh
Krim, Pasta gigi,sabun
Industri cat
Cat
Industri kebutuhan rumah tangga
Sabun,deterjen
Industri pertanian
Pestisida dan insektisida
Industri Farmasi
Minyak ikan,pensilin untuk suntikan

  •      Dalam Bidang Makanan
Makanan yang kita konsumsi sehari-hari ada yang berbentuk padatan ataupun cairan. Akan tetapi, terkadang beberapa makanan yang berbentuk padatan sulit untuk dicerna. Sehingga oleh pabrik, produk-produk makanan dibuat dalam bentuk koloid. Produk-produk makanan yang menggunakan sistem koloid antara lain kecap, saus, keju, mentega, dan krim.

  •      Dalam Bidang Industri
Bagi kalian para wanita, mungkin tak ada yang asing dengan kosmetik. Bahkan, saat ini kosmetik tidak hanya digunakan oleh kaum wanita saja, akan tetapi kaum pria pun mulai menggunakannya. Hal ini ditunjukkan dengan beragamnya kosmetik yang diperuntukkan khusus pria maupun khusus wanita. Dalam bidang kosmetik, kita sering menggunakan koloid dalam pelarut tertentu seperti pembersih muka, pewangi badan berbentuk spray, semprot rambut, jell untuk rambut, dan produk kosmetik lainnya.


  •      Dalam Bidang Farmasi
Seperti halnya makanan, obat pun ada yang berwujud padatan (tablet) sehingga anak-anak sulit untuk menelannya. Untuk mengatasinya, obat teersebut dikemas dalam bentuk koloid sehingga mudah diminum. Contohnya obat batuk yang berbentuk sirup.


No comments:

Post a Comment